Klik Salah Satu Iklan dibawah Ini 1x Untuk Menghilangkannya, Terima Kasih Atas Kebaikan Anda

Selasa, 26 April 2011

United Bobol Gawang Schalke

Foto: Para punggawa Manchester United setelah meraiah kemenangan atas Schalke (Reuters Pictures)GELSENKIRCHEN – Tidak percuma Manchester United terbang jauh ke Jerman. Menghadapi Schalke 04 di leg pertama semifinal Liga Champions, United pulang membawa kemenangan 2-0, setelah Ryan Giggs dan Wayne Rooney merobohkan kokohnya benteng pertahanan tuan rumah.

Memang, bukan perkara mudah bagi The Red Devils untuk meraih kemenangan. Pasalnya, kiper belia timnas Jerman, Manuel Neuer menjadi benteng kokoh Schalke. Ball-stopper 25 tahun tampil atraktif melindungi gawangnya dari invasi awak Sir Alex Ferguson. Sepanjang pertandingan, ia sempat membuat punggawa United dilanda frustrasi, padahal di paruh pertama United kaya akan peluang dan variasi serangan.

Baru dua menit laga di mulai, bomber andalan United, Wayne Rooney sempat membuat seisi Stadion Veltins-Arena terhenyak. Beruntung, Neuer dengan sigap berhasil memblokir tendangan diagonal striker bertubuh gempal itu.

Ikhtiar United untuk memimpin jalannya laga tidak berhenti sampai di situ. Javier ‘Chicharito’ Hernandez yang diturunkan sebagai starter pun ikut unjuk gigi. Namun, bola masih bisa diamankan dengan sempurna oleh pemain belakang Schalke, yang dipimpin oleh Christoph Metzelder dan Joel Matip.

Ferguson sempat terlonjak dari kursinya menyaksikan tendangan keras Park Ji-Sung dari dalam kotak 16. Tapi pelatih gaek Skotlandia harus kembali kecewa lantara Neuer lagi-lagi memupus harapannya. Frekuensi penetrasi United yang semakin meningkat ternyata tidak mematikan ide Schalke membangun serangan.

Melalui skema serangan balik, Jefferson Farfan sempat melecutkan asa Schalke  untuk menuliskan angka pertama di papan skor. Sayang, tendangan Farfan masih melebar dari mulut gawang Edwin Van der Sar.

Melihat United menemui jalan buntu, Fabio da Silva yang berposisi sebagai bek berinisiatif naik menyerang. Memperlihatkan skill individual solo-run, Fabio menggiring bola seorang diri kendati dibayangi dua pemain Schalke. Bahkan, pemain asal Brasil itu sempat melepaskan tembakan, tapi respon cepat Neuer hanya membuat Fabio tertunduk lesu.

Tensi pemain United di depan gawang semakin meningkat. Sayang, sinergi duet maut Rooney dan Chicharito menguap begitu saja saat umpan datar Chicharito tersangkut di kaki pemain belakang Schalke, padahal Rooney sudah berdiri bebas. Dari kejauhan, Ferguson pun geram melihatnya.

United kembali mendapat kans untuk mencetak gol, melalui Park Ji-Sung memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Chicaharito. Namun, bola masih bisa diamankan pemain belakang Schalke. Terus menerus ditekan, Neuer tidak sedikitpun kehilangan konsetrasi. Buktinya, ia berhasil mengamankan bola saat berhadapan dengan Ryan Giggs seorang diri.

Hingga turun minum, kedua tim bermain imbang tanpa gol. Di paruh kedua, United tetap bermain agresif. Memanfaatkan tendangan bebas, Patrice Evra menyambut bola. Neuer yang cepat membaca pergerakan bola berhasil menepisnya. Gol yang ditunggu United akhirnya tiba melalui Chicharito. Tapi apa daya, pemain asal Meksiko itu sudah berada dalam posisi off-side lebih dulu.

Selalu bertahan, Schalke berusaha keluar dari tekanan. Raul berimprovisasi dengan aksinya di kotak 16, baik melalui tandukan dan tendangan keras. Hanya penyelesaiannya saja yang tidak sempurna.

Momen emosional yang ditunggu United  pun tiba di menit 67. Umpan datar Rooney yang mendarat mulus di kaki Giggs membuat Neuer tidak berdaya menghalau bola, lantaran Giggs langsung meneruskan bola ke celah kaki Neuer, 1-0 United memimpin sementara.

Tidak lama berselang, tepatnya di menit 69, giliran Rooney menceploskan bola ke gawang Neuer. Memanfaatkan umpan datar Chicaharito, tidak menunggu lama Rooney mengarahkan bola ke sudut kiri gawang Neuer untuk membawa United unggul 2-0. Neuer pun mengajukan protes kepada rekan-rekannya lantaran lemahanya koordinasi di antara mereka.

Unggul dua gol, Schalke ternyata tidak bisa memperkecil ketinggalan hingga wasit Carlos Velasco membunyikan peluit panjang, tanda berakhirnya pertandingan. Dan Ferguson lega dengan kemenangan tandang yang didapat timnya. Kontras dengan air muka Ralf Ragnick yang keluar lapangan diliputi kekecewaan, lantaran beban berat harus diusung saat menyambangi Old Trafford dalam leg penentuan tengah pekan depan.

SUSUNAN PEMAIN

SCHALKE 04:
1-M. Neuer, 21-C. Metzelder, 2-H. Sarpei  (3-Sergio’72), 22-A. Uchida, 14-K. Papadopoulos, 11-A. Baumjohann  (12-P. Kluge’53), 18-Jurado (31-J.Draxler’83), 32-J. Matip, 7-Raul, 9-Edu, 17-J. Farfan.

MANCHESTER UNITED:
1-E. van der Sar, 5-R. Ferdinand, 15-N. Vidic, 3-P. Evra, 20-Fabio, 16-M. Carrick, 25-L. Valencia, 13-Ji-Sung Park  (18-P.Scholes), 11-R. Giggs, 10-W. Rooney  (17-Nani’83), 14-J. Hernández (8-Anderson’73).

Sumber: www.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More