Klik Salah Satu Iklan dibawah Ini 1x Untuk Menghilangkannya, Terima Kasih Atas Kebaikan Anda

Selasa, 26 April 2011

Turunannya Populasi Amfibi Masih Misterius

Katak, salah satu binatang amfibiaOREGON - Sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa penurunan jumlah populasi amfibi dunia disebabkan oleh banyak faktor yang masih belum difahami sepenuhnya.

Studi yang diterbitkan dalam Annals of the New York Academy of Sciences tersebut, mengatakan kalau belum ada yang bisa menjelaskan sepenuhnya penurunan populasi dengan rata-rata yang belum pernah terjadi sebelumnya. Demikian seperti yang dikutip dari UPI, Rabu (27/4/2011).

Penurunan populasi amfibi berhubungan dengan penyebab alami seperti kompetisi antar hewan, saling mangsa, reporduksi, dan yang berhubungan dengan manusia seperti pengrusakan habitat, kontaminasi lingkungan dan perubahan iklim.

"Banyak perubahan terjadi dalam kurun waktu 100 tahun terakhir, dan amfibi tidak berevolusi cukup cepat untuk mengimbanginya," ujar Profesor Andrew Blaustein dari Oregon State University.

"Kami sadar ini bukan karena satu hal saja, namun banyak hal. Mamalia, ikan dan burung untuk saat ini belum merasakan dampak seperti yang kini dirasakan oleh hewan amfibi, belum saja," tambahnya.

Satu perhitungan ada mengatakan kalau amfibi menghilang 200 kali lebih cepat dari rata-rata angka kepunahan normal.

"Tekanan seleksi alam, terutama yang bersinggungan dengan aktivitas manusia, mungkin terasa terlalu cepat bagi amfibi untuk beradaptasi mengikutinya," tutur Blaustein.

Sumber: www.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More