Klik Salah Satu Iklan dibawah Ini 1x Untuk Menghilangkannya, Terima Kasih Atas Kebaikan Anda

Jumat, 01 April 2011

'Sepupu' T-Rex Ditemukan di China

Zhuchengtyrannus Magnus (gambar: Robert Nicholls)
LONDON - Ilmuwan temukan fosil dinosaurus pemakan daging yang disebut sebagai 'sepupu T-Rex' di bagian timur provinsi Shandong, China.

Dr. David Hone dari University College Dublin, mengatakan kalau fosil tersebut merupakan sanak terdekat dari Tyrannosaurus Rex. Demikian seperti yang dikutip dari Telegraph, Jumat (1/4/2011).

Dinosaurus tersebut diberi nama Zhuchengtyrannus Magnus. Diidentifikasi berdasarkan pada tulang tengkorak, rahang dan gigi. Diperkirakan dinosaurus tersebut memiliki panjang sekira 11 meter, tinggi 4 meter dan berat 6 ton.

"Zhuchengtyrannu adalah sepupu T-Rex. Penemuan ini tidak terjadi setiap hari. Zhuchengtyrannu adalah salah satu hewan pemangsa terbesar sepanjang masa," ujar Dr. Hone.

"Fosil ini adalah penemuan pertama sanak keluarga dari T-Rex setelah sekian lama. Hewan ini mungkin berada di puncak rantai makanan,"

Zhuchengtyrannus Magnus memiliki tengkorak sebesar tiga kaki dan gigi sepanjang 3,5 inci.

"Kami beri nama Zhuchengtyrannus Magnus, yang berarti Raja Lalim dari provinsi Zhucheng. Hal ini dikarenakan tulangnya ditemukan di kota Zhucheng, wilayah timur provinsi Shandong," jelas Dr. David Hone.

Penelitian ini diterbitkan di Creatceous Research dalam jurnal online Science Direct.

Sebuah fosil dinosaurus yang diperkirakan memiliki hubungan kerabat dengan T-Rex juga ditemukan di tempat fosil Zhuchengtyrannus Magnus ditemukan, namun masih dalam proses analisis.

Sumber: www.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More