Klik Salah Satu Iklan dibawah Ini 1x Untuk Menghilangkannya, Terima Kasih Atas Kebaikan Anda

Selasa, 01 Maret 2011

Ilmuwan Temukan 19 Asteroid Dekat Bumi

HONOLULU - Para ilmuwan di pulau Maui, Hawaii mengatakan kalau mereka telah menemukan 19 buah asteroid dekat Bumi pada tanggal 29 Januari, hanya dalam waktu semalam.

Ilmuwan dari teleskop Pan-STARRS PS1 di Haleakala, Maui, mengatakan kalau rekor penemuan hanya dalam waktu semalam tersebut, menunjukkan kemampuan dari sebuah teleskop dengan software terbaru, serta perbaikan pada teknik observasi. Demikian seperti yang dikutip dari Space Daily, Senin (28/2/2011).

"Di masa lalu, teleskop sering melakukan deteksi yang salah, membuat sukar untuk membedakan apakah itu asteroid atau bukan," ujar para ahli astronomi tersebut.

Meski proyek Pan-STARRS mendapat pendanaan dari NASA dan Angkatan Udara AS, namun juga melibatkan studi yang lain," kata Nick Kaiser, Project Head dari Pan-STARR.

"Proyek ini tidak didanai khusus untuk mendeteksi asteroid, tapi ke depannya kami berharap akan mendapat pendanaan untuk studi tersebut," tambah Kaiser.

"Meski kemungkinan asteroid yang berada dekat Bumi menabrak planet kita sangat kecil, sekira 1 dalam 1000, tapi dengan mengetahui di mana lokasi mereka dapat membolehkan pemerintah untuk bertindak cepat, sebagai tindakan antisipasi" jelas Kaiser.

"Risiko tabrakan asteroid tersebut ke Bumi berkembang seperti penyakit yang langka. Kemungkinannya memang kecil, namun dapat menjadi kenyataan," ungkap Kaiser.

Sumber: www.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More