Klik Salah Satu Iklan dibawah Ini 1x Untuk Menghilangkannya, Terima Kasih Atas Kebaikan Anda

Rabu, 02 Februari 2011

Tata Surya Dipadati 33 Ribu Asteroid

WASHINGTON - Sebuah survei terbaru dari NASA, mengenai batuan angkasa di sistem tata surya, menemukan sekira 20 komet, lebih dari 33 ribu asteroid, dan 134 objek angkasa lainnya yang berada dekat Bumi.

Misi NEOWISE dari NASA baru saja menyelesaikan survei tersebut, yang mana tugas kedua dari teleskop angkasa Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE). WISE memenuhi tugasnya untuk memfoto langit secara keseluruhan satu setengah kali dalam cahaya infra merah tahun lalu. Demikian seperti yang dikutip dari Space.com, Rabu (2/2/2011).

"Katalog terbaru dari batuan angkasa tersebut membantu menambah pengetahuan kita mengenai isi dari tata surya," ujar para ilmuwan.

Para ilmuwan mengatakan bahwa sangat penting untuk mempelajari lebih mengenai near-Earth objects (NEOs), yang terdiri dari asteroid dan komet dengan orbit, yang mana berpotensi untuk menabrak planet Bumi.

"Hanya satu tahun observasi dari proyek NEOWISE tapi sudah menambah data mengenai NEOs dan benda-benda lain di tata surya kita," ungkap Lindley Johnson, Program Executive for NEO Observation Program.

Setelah NEOWISE sukses menyelesaikan tugasnya, pesawat tanpa awak WISE akan kembali ke orbit dekat Bumi dan berubah ke mode hibernasi.

Teleskop angkasa WISE senilai USD320 juta tersebut diluncurkan pada bulan Desember 2009. WISE telah menangkap lebih dari 2,7 juta gambar dari objek angkasa, mulai dari galaksi kejauhan sampai ke asteroid dan komet yang berada dekat Bumi.

Observasi NEOWISE dapat membantu para ilmuwan untuk menjelaskan ukuran serta komposisi dari batuan-batuan angkasa yang baru ditemukan tersebut.

Sumber: www.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More