Klik Salah Satu Iklan dibawah Ini 1x Untuk Menghilangkannya, Terima Kasih Atas Kebaikan Anda

Selasa, 01 Februari 2011

Indonesia Harus Manfaatkan Potensi Maritim

JAKARTA - Sebagai negeri maritim, Indonesia harus memanfaatkan potensi maritimnya. Salah satu potensi besar yang harus digali adalah Samudera Hindia.

Dalam diskusi "Indonesia Ocean and the New Regional Strategic Development" yang diadakan oleh Indonesian Council on World Affair
(ICWA) dan kementerian luar negeri RI, hal ini dibahas mendetail.

Diskusi yang berlangsung di Jakarta, Selasa (1/2/2011)  ini, menilai pentingnya Samudera Hindia bagi negara-negara yang memanfaatkan perairan luas tersebut.

Lewat pembicara seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhamad dan Wakil Presiden Indian Ocean Reseacrh Group (IORG) Profesor DR. Sanjay Chaturvedi dan Pengamat Hubungan Internasional Hassim Djalal, Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia DR.Ir Gellwyn Jusuf, diskusi ini membedah pentingnya Samudera Hindia untuk asia dan Indonesia pada khususnya di masa depan.

Fadel Muhamad menyebut kebutuhan ekonomi, pertahanan serta politik dapat dikembangkan melalui Samudera Hindia.

"Banyak hal berharga didalam laut Indonesia. Khususnya di wilayah Samudera Hindia," ungkap Fadel.

"Samudera Hindia adalah masa depan dan Indonesia dapat memanfaatkannya," lanjut menteri yang juga pengusaha tersebut.

Sedangkan DR. Sanjay Chaturvedi memandang Samudera Hindia harus direkonstruksi sebagai ruang kelautan. Ini harus dilakukan agar dapat dimanfaatkan oleh seluruh negara asia.

DR sanjay menganggap pentingnya geopolitik yang memfokuskan pada keamanan,bagi negara-negara maritim selain melihat pentingnya Samudera Hindia sebagai pusat komunikasi dunia.


Sumber: www.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More