Klik Salah Satu Iklan dibawah Ini 1x Untuk Menghilangkannya, Terima Kasih Atas Kebaikan Anda

Rabu, 02 Februari 2011

Mantel Penghilang ala Harry Potter Mendekati Kenyataan

LONDON - Ilmuwan kini melangkah lebih dekat untuk menciptakan mantel yang memungkinkan pemakainya tak kasat mata seperti pada novel fantasi fenomenal, Harry Potter.

Harapan itu mencuat setelah sebuah studi baru di Universitas Birmingham berhasil membuat klip kertas tak terlihat oleh mata telanjang, demikian seperti disitat Telegraph, Rabu (2/2/2011).

Para peneliti menggunakan mineral calcite, atau kristal yang terbentuk secara natural, yang memiliki kemampuan membelokkan cahaya secara luar biasa. Jika ditempatkan di atas objek, kristal tersebut akan membelokkan cahaya sehingga membuat objek benar-benar tak terlihat oleh mata telanjang.

"Materi ini memiliki ukuran yang bisa diperbesar. Dengan menggunakan kristal natural untuk pertama kalinya, dan bukan materi artifisial, kami berhasil memperbesar ukuran mantel dan bisa menyembunyikan objek-objek yang lebih besar, ribuan kali lebih besar dibandingkan gelombang cahaya," cetus Dr Shuang Zhang, kepala peneliti Universitas Birmingham.

Teknik baru ini bergantung pada ukuran kristal tersebut. Kristal calcite bisa mencapai panjang 21 kaki (8,4 meter) sehingga bisa digunakan pada mobil atau kendaraan militer.

"Kami percaya, dengan menggunakan calcite, kami bisa mengembangkan mantel yang memiliki ukuran cukup besar sehingga bisa diaplikasikan dalam berbagai perangkat," tutup Zhang.

Sumber: www.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More